6 Cara Jitu Merawat Ponsel Anda

Baterai panas, lambat, nge hang atau program yang diinstal rusak, hal ini menjadi hal biasa bagi pemilik smartphone saat ini. Agar hal tersebut tidak selalu terjadi, Anda harus merawat ponsel favorit Anda. Berikut ini beberapa cara perawatan ponsel yang bisa dilakukan.

Jika Anda seorang pecinta ponsel berteknologi tinggi yang selalu mengikuti informasi terbaru tentang perkembangan ponsel setiap hari. Atau Anda adalah tipe orang yang bekerja secara mobile, banyak pekerjaan Anda dilakukan ketika Anda berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Maka untuk tetap bisa mobile, maka Anda perlu tahu juga bagaimana cara merawat ponsel favorit Anda.

Gunakan pengisi daya/charger asli

Pengisi daya smartphone memainkan peran cukup besar dalam kelangsungan hidup ponsel Anda. Menggunakan pengisi daya asli adalah salah satu cara untuk menjaga ponsel Anda tahan lama. Anda harus merawat pengisi daya dengan hati-hati. Jangan menekuk kabel pengisian terlalu berlebihan karena perlakuan ini dapat merusak tembaga pada pengisi daya. Selain itu, pengisi daya asli umumnya harganya lebih mahal daripada pengisi daya palsu. Jadi apabila rusak, Anda bisa mengalami kerugian.

Hindari panas berlebihan

Smartphone sangat rentan terhadap panas karena penyebab eksternal dan internal. Penyebab eksternal yang paling mungkin terjadi karena adalah paparan sinar matahari. Kemudian secara internal terjadi Karena kerja CPU terlalu berat sehingga ponsel panas. Hal tersebut menyebabkan masa pakai baterai menjadi lebih singkat dan layar rusak. Panas juga dapat terjadi ketika Anda menghidupkan ponsel Anda di atas bantal atau kasur.

Berikan waktu Istirahat

Terkadang kita tidak tahu bahwa ponsel kita telah digunakan begitu lama. Setiap kali baterai berkedip dan meminta pengisian daya, Anda segera memasang pengisi daya untuk mengisinya. Namun, padakondisi tersebut Anda terus menerus menggunkannya. Apabila Anda sering bekerja dengan ponsel, maka hal tersebut tidak bisa dihindari. Namun, Anda dapat menjadwalkan waktu untuk mematikan ponsel selama satu atau dua jam agar ponsel dapat beristirahat. Ketika ponsel Anda tidak digunakan, maka ponsel beristirahat dengan lebih nyaman.

Baca Juga:   Hindari risiko obesitas dengan olahraga ringan
Melakukan backup data Anda

Ada banyak cara untuk membuat backup/cadangan data penting Anda. Anda dapat melakukan salinan data Anda langsung ke laptop atau komputer. Anda juga dapat menggunakan fasilitas penyimpanan cloud atau internet yang saat ini. Anda suatu saat dapat mengakses cadangan ini lagi dengan perangkat lain jika peristiwa yang tidak diinginkan terjadi pada ponsel Anda.

Memakai Pelindung

Smartphone sangat rentan terhadap guncangan dan pengaruh cuaca. Maka ada baiknya jika Anda berinvestasi membeli pelindung ponsel yang bagus. Pelindung ponsel yang baik setidaknya dapat mengurangi dampak dan melindungi layar sentuh dari cuaca. Pelindung ini terkadang tidak terlalu menolong ketika ponsel Anda jatuh ke air, tetapi sekarang sudah ada beberapa merek yang menawarkan pelindung ponsel tahan air.

Menggunakan antivirus

Ancaman nyata terhadap smartphone favorit Anda adalah virus. Virus ini mungkin tidak sengaja masuk jika Anda tidak berhati-hati saat memilih aplikasi yang benar. Anda harus mengunduh antivirus untuk ponsel Anda setelah membaca ulasan yang dapat Anda peroleh di internet. Temukan antivirus yang sepenuhnya melindungi ponsel dan cukup ringan untuk ponsel Anda.

Reply