Latihan 30 menit dapat meremajakan otot

Otot mendukung tulang untuk bergerak dan melanjutkan aktivitas sehari-hari, tetapi banyak yang tidak menyadari bahwa otot juga memerlukan perawatan kesehatan yang tepat. Di usia 40-an, otot-otot Anda mulai menyusut dan akibatnya Anda menjadi lelah dan mudah rontok karena Anda tidak dapat mendukung gerakan tubuh Anda. Orang dewasa yang sehat dapat mengalami kontraksi otot hingga delapan persen per dekade, dan di atas usia 70 tahun, tingkat kontraksi otot berlipat ganda menjadi 15 persen.

Penasihat MHAS dan Profesor Geriatrics PPUM, Prof Dr Tan Maw Pin, mengatakan beberapa penyebab kontraksi otot adalah karena penyakit dan gaya hidup yang tidak aktif. “Terdapat studi bahwa terlepas dari usia, apabila masuk ke unit perawatan intensif (ICU) selama 10 hari dapat menyebabkan hilangnya otot hingga 17 persen yang terjadi pada pasien kritis.

“Kerusakan otot juga dihubungkan dengan adanya peningkatan risiko infeksi dan penyembuhan luka yang lambat,” katanya. Dr Tan mengatakan ini dapat memperpanjang masa pemulihan dan mempengaruhi kualitas hidup pasien. Meskipun kontraksi otot terjadi secara alami, ia mengatakan kombinasi makan sehat dan olahraga memungkinkan proses memperlambat efek penurunan.

Latihan seperti mengangkat beban, berenang, dan bersepeda selama 30 menit setiap hari meningkatkan otot. “Pada saat duduk di kantor, dapat melakukan sedikit gerakan seperti bangun serta duduk di kursi beberapa kali atau menggunakan tangga untuk menuju ke ruangan lain daripada menggunakan lift.

“Kemudian latihan berkelompok seperti gym atau zumba juga bagus, tetapi bagi orang dengan penyakit kronis seperti osteoporosis, mereka perlu memilih latihan yang lebih ringan,” katanya.

Direktur Penelitian dan Pengembangan Pusat Nutrisi Abbott Asia Pasifik Dr Low Yen Ling mengatakan bahwa meskipun penuaan adalah proses alami, proses penurunan otot dapat diperlambat. “Dengan memberikan nutrisi yang cukup untuk otot seiring bertambahnya umur, terutama dengan memberikan protein dan vitamin D. “Tetapi, faktanya adalah kebanyakan orang dewasa tidak menerima asupan nutrisi harian yang telah direkomendasikan, termasuk gaya hidup yang aktif dan sehat” katanya.

Baca Juga:   Cegah stroke dengan mengonsumsi 4 buah berikut

Dia mengatakan bahwa kekurangan nutrisi dan gaya hidup yang lebih menetap mempengaruhi kekuatan dan energi atau pemulihan mereka jika mereka menderita penyakit atau cedera. Selain melakukan latihan intensitas tinggi, Dr Low mengatakan mengkonsumsi makanan kaya protein dari daging tanpa lemak, telur dan kacang-kacangan meningkatkan fungsi otot.

Informasi tentang otot:

Fungsi otot

  • Penting untuk bergerak, menyeimbangkan postur tubuh dan metabolisme.
  • Mengontrol kelelahan.
  • Ini mempengaruhi penggunaan oksigen oleh tubuh.
  • Jantung memompa karena organ-organ terdiri dari otot

Penyusutan otot:

  • Penurunan normal pada usia 40-an pada delapan persen (untuk individu yang sehat)
  • 10 hari tanpa aktivitas apa pun (tinggal di rumah sakit) pengurangan lima persen
  • Periode perawatan 10 hari di ICU, dengan rapi, mencatat penurunan 17,7 persen

Fakta menarik tentang otot:

  • 600 otot di tubuh
  • Otot terbesar ada di belakang
  • Otot terkecil di telinga
  • Otot terkuat adalah rahang
  • Otot tersibuk ada di mata

Reply