Makanan-makanan yang harus dihindari jika Anda ingin sehat

Ingin menjadi lebih sehat adalah salah satu resolusi tahunan yang paling banyak diungkapkan. Agar lebih sehat, salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah mengatur pola makan. Selain makan secara teratur, perhatikan juga apa yang Anda makan. Karena tidak semua makanan sehat untuk tubuh meski rasanya enak di lidah. Sebagai panduan bagi Anda yang ingin menjadi lebih sehat, berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari.

Hot dog

Junk food adalah salah satu penyebab utama kematian di Amerika Serikat. Alasannya, makanan populer di Amerika Serikat ini kaya akan nutrisi, lemak, garam, dan kalori. Menurut eatingwell.com, satu porsi hot dog umumnya mengandung 270 kkal. Tetapi, hot dog dengan kandungan sosis pabrikan mengandung banyak natrium atau garam, yang setara dengan 500 mg.

Hot dog juga mengandung 6 gram lemak jenuh. Sosis umumnya juga mengandung nitrit atau natrium nitrat. Zat ini adalah pengawet yang dapat meningkatkan risiko kanker. Sayangnya, porsi hot dog yang relatif kecil sering membuat orang tidak puas hanya dengan satu porsi.

Kentang goreng

Kentang goreng merupakan makanan tinggi lemak yang sangat tidak sehat. Tidak mengherankan, banyak restoran cepat saji menawarkan alternatif seperti salad, kentang rebus, dan nasi daripada kentang goreng.

Burger

Seperti hot dog, makanan cepat saji burger ini juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Selain bisa menyebabkan obesitas, kandungan hamburger juga meningkatkan risiko kanker. Secara umum, daging hamburger dibuat dengan 85% daging non- gilik tanpa lemak dengan berat 150-227 gram.

Ketika dihitung dengan rotinya, hamburger mengandung 620 kalori dan 9 gram lemak jenuh. Jumlahnya hampir setengah batas kebutuhan dalam satu hari. Apalagi jika burger menggunakan berbagai bahan seperti keju yang bisa menambah 110 kalori dan 6 gram lemak jenuh.

Baca Juga:   Berita Peluang Cara Terbaru

Kerang darah

Bagi Anda yang gemar makan makanan laut, tentunya Anda sudah mengenal menu ini. Sayangnya, kerang bukan diet sehat untuk dikonsumsi. Juga, jika kerang diperoleh di perairan yang tidak sehat seperti Teluk Jakarta, mereka diketahui memiliki timbal yang tinggi.

Dapat dipahami bahwa kerang adalah sejenis biota laut yang hidup dengan menyerap limbah berbahaya. Kerang juga mengandung banyak bakteri dan virus yang menyebabkan hepatitis A, disentri dapat menyebabkan cacat pada janin yang dikandung.

Cola dan soda

Meskipun konsumsi minuman bersoda yang berlebihan diketahui tidak sehat, banyak orang masih meremehkannya. Wajar rasanya dapat menyegarkan, apalagi jika diminum dalam kondisi dingin justru sering membuat orang lupa. Secara ilmiah, minuman bersoda mengandung fruktosa yang tidak baik untuk dikonsumsi terlalu banyak. Soalnya, fruktosa yang dicerna oleh hati dan dikonversi menjadi lemak dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit kardiovaskular, dan penyakit hati.

Pizza

Makanan Italia ini dikenal lezat. Tentu saja, dalam seloyang pizza ada banyak bahan seperti keju, daging, saus, dan banyak bahan lainnya. Namun, terlalu banyak makan pizza tidak sehat. Sebabnya, makanan ini mengandung 600 kalori per potong. Jumlah ini sangat tinggi untuk kebutuhan sehari-hari orang normal. Pizza juga mengandung lemak jenuh, natrium, dan karbohidrat tinggi.

Chiki

Makanan ringan favorit anak-anak ini mengandung MSG. Pada beberapa dosis MSG dapat menurunkan daya ingat dan bahkan bisa menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti Aarinson, Alzheimer, autisme, dan attention deficit disorder.

Reply