Sarapan dengan suplemen nutrisi, tingkatkan perkembangan otak anak

Karena banyak orang mulai menyadari pentingnya sarapan termasuk mendapatkan cukup banyak anak untuk memulai hari, mereka mengabaikannya. Sarapan penting karena ini adalah makanan pertama untuk anak-anak setelah lebih dari 10 jam tidur setelah bangun.

Dietetik, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UPM, Nurliyana Naharuddin, mengatakan sarapan akan membantu meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh dan menyediakan energi untuk kegiatan sehari-hari. “Glukosa adalah sumber energi utama bagi tubuh untuk menyediakan energi yang cukup untuk tetap fokus pada proses pembelajaran. “Menu sarapan yang bergizi yaitu makanan yang melayani hampir semua kelompok makanan dan seimbang,” katanya.

Tidak seperti orang dewasa, anak-anak juga didorong untuk melakukan tiga kali makan (sarapan, makan siang dan makan malam) dan satu hingga dua lauk sehari.

Pilihan makanan terbaik

Karena itu, menu sarapan yang disarankan adalah antara 300 kkal dan 500 kkal (kalori). Menu harus mencakup kombinasi karbohidrat, protein, sayuran, buah-buahan, lemak, susu, dan susu. Setiap makanan yang dikonsumsi dapat berkontribusi pada energi anak-anak, tetapi sumber utama pasokan energi kaya karbohidrat. Sumber-sumber lain seperti protein, lemak dan serat membantu menyediakan nutrisi lain yang juga dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan yang baik.

“Misalnya, menu seimbang yang disarankan adalah sandwich telur (dua potong roti dengan sepotong keju, satu telur, salad, dan mayones) dengan satu pisang, menyajikan 350 ~ 400kkal.

“Enam potong biskuit dengan satu apel dan satu kotak berisi 250 mililiter (ml), memasok 300 ~ 350 kkal. Nasi goreng (dua sendok makan dicampur dengan sayuran) adalah satu telur atau ayam goreng dan jeruk, menyediakan 400 ~ 500 kkal, ”katanya. Pilihan terbaik adalah menyediakan sarapan murah namun bergizi.

Baca Juga:   Makanan-makanan yang harus dihindari jika Anda ingin sehat

Menu seimbang tersedia

Salah satu kendala atau tantangan bagi orang tua untuk sarapan adalah karena keterbatasan waktu dan anggaran. “Orang tua perlu menyadari bahwa makanan sehat tidak harus dari sumber yang mahal. Menu sehat dapat disajikan menggunakan sumber makanan di sekitar kita, seperti roti, nasi, mie, telur, ayam, ikan, susu, sayuran dan buah-buahan yang harganya terjangkau sesuai dengan kemampuan mereka.

“Yang perlu diperhatikan adalah menu yang seimbang dan memiliki variasi serta ukuran yang tepat,  sesuai dengan kebutuhan mereka. Makan dengan lebih sedikit kalori, garam dan gula, ”katanya.

Sarapan adalah yang terbaik

Anak-anak dapat dilayani sarapan pada jam 6 pagi, terutama jika ini adalah makan malam awal. Ini karena semakin cepat makanan dapat memberi anak-anak energi yang lebih baik. Biasanya, makanan yang berasal dari sumber karbohidrat membutuhkan satu hingga dua jam untuk diproses sementara sumber protein dan lemak membutuhkan waktu tiga hingga empat jam untuk diproses sebelum dapat dikonversi menjadi energi untuk tubuh.

“Maka, kombinasi yang seimbang dari berbagai sumber makanan ini sangat diperlukan untuk menjaga energi supaya dapat bertahan lebih lama,” katanya.

Efeknya tidak sarapan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan sarapan tidak memengaruhi kemampuan anak untuk memperhatikan saat kelas. Studi yang dilakukan pada anak-anak usia 12 hingga 19 juga tidak sehat dan sebenarnya dapat dikaitkan dengan peningkatan indeks massa tubuh (BMI) dengan peningkatan lemak adiposa di dalam tubuh.

“Hal ini akan meningkatkan kecenderungan mereka dalam memilih makanan berkalori tinggi dan banyak makan,” katanya.

Variasi menu adalah kunci nutrisi yang baik. Makanan umum seperti nasi lemak, roti canai selalu menjadi pilihan sarapan untuk diberikan kepada anak-anak karena mudah ditemukan.

Baca Juga:   Rokok adalah ancaman di tempat kerja

“Namun, orang tua perlu berhati-hati karena makanan ini memiliki kandungan lemak lebih tinggi dari makanan lain.

“Jika dilakukan dalam takaran yang tepat dan ditambah dengan sumber serat seperti sayuran dan buah-buahan, tidak salah untuk mengambil makanan tersebut sekali atau dua kali dalam seminggu,” katanya.

Reply