Tips cara berhenti merokok dalam seminggu tanpa melakukan terapi

Dampak merokok pada kesehatan tidak terlalu baik. Juga dampaknya pada keuangan. Coba analisis, dengan Anda berhenti merokok, berapa banyak uang yang bisa Anda tabung selama seminggu, sebulan, atau setahun. Tentunya pasti banyak. Walaupun tahu bahwa merokok tidak memiliki manfaat dan hanya menyebabkan banyak penyakit, bagi sebagian perokok, berhenti tidak semudah yang dikira. Malah, karena sangat ingin berhenti merokok, ada banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mengikuti terapi dan obat-obatan.

Tetapi, bagi Anda yang ingin berhenti tetapi sulit, jangan khawatir. Berikut ini adalah beberapa tips efektif untuk berhenti merokok. Selama Anda mengikutinya dengan benar, kebiasaan merokok Anda dijamin akan hilang.

Membuat pengumuman

Salah satu tantangan yang membuat orang sulit berhenti merokok adalah lingkungan. Mintalah dukungan dari orang-orang terdekat Anda. Juga dengan teman-teman yang merokok. Minta mereka untuk lebih menghargai keputusan Anda. Anda dapat melakukan ini dengan mengumumkan bahwa Anda telah berhenti merokok.

Berhenti pada hari pertama

Setelah ide berhenti muncul, jangan menundanya. Biasanya, idenya bersamaan dengan keinginan dari dalam hati untuk melakukannya. Sementara semangat masih membara, Anda segera memutuskan untuk berhenti. Buang semua rokok cadangan. Kemudian yakinkan diri Anda bahwa rencana ini bisa berhasil.

Hindari hal-hal yang dapat merangsang merokok

Biasanya, keinginan untuk merokok meningkat ketika kita mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Misalnya, minum kopi, teh, minuman atau makanan ringan baik asin dan manis. Kurangi sebanyak mungkin. Gantilah dengan yang lebih sehat seperti buah dan air.

Sikat gigi Anda setelah makan

Bagi perokok, merokok setelah makan sangat menyenangkan. Ini juga menjadi godaan terbesar bagi orang yang ingin berhenti merokok. Lalu agar tidak tergoda, salah satu tips yang bisa Anda lakukan adalah menyikat gigi setelah makan. Sensasi rasa yang terjadi setelah menyikat gigi secara efektif membuat merokok jadi tidak menyenangkan.

Baca Juga:   Kurangi risiko sakit punggung

Berolahraga

Olahraga adalah bagian penting bagi orang yang berhenti merokok. Karena orang yang berhenti merokok cenderung menambah berat badan karena mereka akan makan lebih banyak. Juga, semakin besar rutinitas berolahraga, semakin besar keinginan untuk menjalani gaya hidup sehat.

Berikan penghargaan

Buat sasaran waktu. Dengan cara ini, Anda akan lebih termotivasi untuk berhenti merokok. Jadi, buat hadiah setelah melewati tujuan. Misalnya, berhenti merokok selama 2 minggu, membeli baju baru, berhenti merokok selama 2 bulan, membeli sepatu baru, dan jika Anda bisa berhenti hingga 8 bulan, Anda ingin membeli lebih banyak. Tanpa disadari, Anda belum merokok dalam 1 tahun.

Reply