Tips gaya hidup sehat untuk menurunkan kolesterol

Perubahan gaya hidup dapat membantu menurunkan kolesterol. Berikut adalah bagaimana tips perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Anda dapat menurunkannya dengan obat-obatan, tetapi jika Anda menghindari bahan kimia yang terkandung dalam obat, ada cara lain untuk menurunkan kolesterol Anda, diantaranya dengan cara  mengubah gaya hidup Anda. Jika Anda sudah mengambil langkah pengobatan, hal ini akan meningkatkan efek dari pengobatan menjadi lebih efektif.

Menurunkan Berat Badan

Pertambahan berat badan diantaranya ditandai dengan perut buncit, meskipun sedikit, diyakini hal tersebut berkontribusi terhadap tinginya kolesterol di dalam darah. Selanjutnya kurangi berat badan, meskipun hanya 5 hingga 10 persen, karena secara signifikan akan menurunkan kolesterol darah.

Salah satu cara untuk mengurangi perut buncit yang bisa Anda ikuti adalah, pertama yang harus Anda lakukan adalah menurunkan berat badan untuk kesehatan. Pertama, pertimbangkan dengan jujur ​​semua kebiasaan makan harian Anda. Llalu pikirkan tentang tantangan penurunan berat badan dan cara bagaimana untuk mengatasinya.

Jika Anda ingin makan ketika Anda bosan atau frustrasi, lakukanlah jalan-jalan. Jika Anda selalu makan makanan cepat saji pada sat makan siang, bawalah paket makanan sehat dari rumah. Pada saat menonto TV, cobalah makan camilan wortel daripada keripik kentang. kemudian cobalah mencari cara untuk beraktivitas fisik lebih banyak dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya, coba gunakan tangga bukan lift. Tuliskan semua daftar kegiatan harian Anda dan lalui langkah demi langkah kegiatannya.

Mengkonsumsi makanan untuk jantung

Gaya hidup sehat harus didukung oleh asupan yang sehat. Pada kondisi ini, cobalah mengubah gaya hidup Anda dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung lemak sehat, seperti zaitun, kacang-kacangan, dan minyak lobak. tidak mengandung banyak kolesterol, mengandung banyak serat seperti buah dan sayuran, dan makanan kaya akan omega 3 dan asam lemak. Selain itu juga, memilih makanan yang memiliki manfaat kesehatan untuk organ lain seperti mata, hati, jantung, usus, pencernaan dan lain-lain.

Baca Juga:   Hindari risiko obesitas dengan olahraga ringan
Berolahraga setiap hari

Terlepas dari apakah Anda kelebihan berat badan atau tidak, olahraga dapat menurunkan kolesterol. Bahkan lebih baik jika aktivitas fisik yang tepat meningkatkan kolesterol tinggi (HDL) atau kolesterol baik. Berolah raga setidaknya 30 menit sehari. Agar tetap termotivasi, Anda bisa menemukan teman/mitra yang dapat berlatih bersama atau bergabung dengan klub olahraga. Ingatlah bahwa aktivitas fisik apa pun bermanfaat. Bahkan jika Anda hanya menggunakan tangga atau melakukan crunch 50 kali sehari, ini sudah cukup untuk membantu Anda.

Berhenti merokok

Berhenti merokok meningkatkan kadar HDL. Manfaatnya bukan hanya itu, tekanan darah Anda turun dalam 20 menit pertama setelah berhenti. Risiko serangan jantung berkurang dalam 24 jam. Dalam satu tahun, risiko serangan jantung berkurang 50% dibandingkan dengan perokok. Dalam 15 tahun, risiko serangan jantung akan menimpa mereka yang tidak pernah merokok.

Mengurangi kebiasaan minum alkohol

Minum alkohol sering dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol HDL, tetapi manfaatnya tidak cukup kuat untuk memotivasi mereka berhenti minum. Jika Anda seorang alkoholik, terutama anggur minumlah secukupnya. Jika Anda berusia di atas 65, hanya satu gelas sehari. Untuk orang di bawah 65 tahun, maksimal 2 gelas per hari. Karena terlalu banyak minuman beralkohol menyebabkan penyakit yang lebih serius, seperti tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan stroke.

Bagaimana jika semua hal ini belum berdampak positif?

Terkadang gaya hidup yang lebih sehat belum cukup untuk menurunkan kolesterol. Pastikan perubahan yang Anda pilih adalah apa yang dapat terus Anda lakukan, dan jangan kecewa jika Anda tidak mendapatkan hasil langsung dalam jangka pendek.

Reply