Tips praktis untuk membuat laptop Anda lebih cepat

Apakah Anda pernah mengeluh karena kinerja laptop Anda yang lambat? Apabila kejadian tersebut terjadi, maka apakah Anda akan membeli laptop baru dengan spesifikasi yang lebih baik? Maka sebelum Anda memutuskan untuk menyimpan laptop Anda dan membeli laptop baru, Anda bisa melakukan beberapa tips dan trik berikut.

Membersihkan file

File yang tidak digunakan dapat Anda hapus. Dengan lebih sedikit file, membuat beban laptop Anda menjadi lebih ringan. Anda juga dapat menghapus riwayat penelusuran dan cache aplikasi pada browser. Anda dapat menghapusnya menggunakan aplikasi CCleaner atau cara lainnya dengan cara mengklik menu Start, kemudian mencari Disk Cleanup dan kemudian mengklik Disk Cleanup.

Melakukan Defrag harddisk

Trik ini memang jarang digunakan oleh orang awam pada laptop. Anda dapat mengurangi beban laptop dengan mendefrag harddisk Anda. Adapun caranya adalah Anda mengklik Start Menu, lalu pilih All Programs, lalu pilih Accessories, lalu pilih System Tools dan kemudian klik Defragmenter. Kemudian tunggu hingga semua partisi pada harddisk telah didefragmentasi.

Mendisable startup

Anda dapat mempercepat startup laptop Anda dengan mematikan program startup yang tidak digunakan. Adapun caranya adalah klik pada Start Menu dan kemudian pilih msconfig dan kemudian pilih Start. Anda kemudian dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan pada startup pertama.

Periksa driver

Driver yang belum diinstal dengan lengkap dapat mempengaruhi kinerja laptop. Anda harus menginstal semua driver laptop. Sehingga driver baru dapat membuat aplikasi lebih ringan.

Menginstal antivirus

Laptop yang lambat dapat disebabkan oleh virus. Anda dapat menginstal 2 program antivirus. Antivirus lokal untuk menghilangkan virus lokal, sedangkan antivirus global menghilangkan virus umum. Anda perlu memindai laptop Anda secara teratur untuk mendeteksi dan menghapus virus sehingga kinerja laptop Anda tetap stabil.

Baca Juga:   Tips gaya hidup sehat untuk menurunkan kolesterol
Unsintall/copot aplikasi yang tidak digunakan

Banyak aplikasi memperlambat kinerja laptop Anda. Anda dapat menghapus aplikasi yang jarang Anda gunakan. Aplikasi ringan bisa meningkatkan kinerja laptop. Untuk menguninstal aplikasi, Anda harus terlebih dahulu mengklik Start Menu, lalu Control Panel dan kemudian pilih uninstall program, kemudian anda bisa menghapus/meng uninstall aplikasi yang tidak Anda inginkan.

Anda dapat mencoba tips di atas untuk meningkatkan kinerja laptop Anda. Jika Anda ingin menggunakan laptop seperti baru lagi, Anda dapat membuat cadangan laptop Anda, lalu memformatnya dan laptop akan kembali seperti semula.

Reply